Apakah sudah waktunya ngomong calon penerus Presiden Jokowi di Pilpres 2024?

Agak berbeda dengan negara lain, katakanlah Amerika Serikat yang barusan selesai menyelenggarakan US Election 2020 yang paling heboh dalam sejarah negeri Uncle Sam ini - biasanya calon presiden akan dibicarakan makin hangat paling tidak satu tahun sebelum jadwal Pilpres - sedangkan di Indonesia, wacana Capres 2024 sudah hangat diomongkan belum genap empat tahun Presiden Jokowi menjalankan pemerintahan #Jokowi2Periode. 

Wacana itu malah semakin menggema di era pandemi global ini. Survey tentang siapa calon presiden yang diinginkan warga +62 juga sudah dilakukan. Nama-nama seperti Prabowo, Erick Thohir, Puan Maharani, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan muncul pada survey itu, begitu pula Gatot Nurmantyo mantan Panglima TNI. 

Apakah Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo akan bersaing pada Pilpres 2024? (m.suarakarya.id)

Apakah para pengamat politik, lembaga survey dan warga sudah begitu ngebet menantikan Pilpres 2024? 

Mungkin wacana ini bisa dibilang masuk akal karena Presiden Jokowi tidak bisa lagi dicalonkan kalau menggunakan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam UUD 1945 yang sudah diamandemen ini, sehingga mantan gubernur Jakarta yang membangun MRT ini tidak lagi bisa dicalonkan pada Pilpres yang akan datang. Namun, ternyata ada elite politik, komunitas dan warga yang ingin agar Jokowi 3 Preiode. 

Ada pula wacana agar Presiden Jokowi diberikan tambahan dua tahun untuk melanjutkan jabatannya. Untuk melakukan itu tentu harus dilakukan perubahan atau amandemen terhadap UUD 1945. Nampaknya Presiden Joko Widodo tidak tertarik dengan wacana Jokowi 3 Periode, maupun tambahan masa jabatan. 

Pasti ada alasan-alasan yang mendukung kenapa wacana Jokowi 3 Periode harus terjadi, begitu pula dasar yang kuat untuk menambah masa jabatan Presiden. Alasan itu antara lain karena Jokowi dianggap paling faham untuk melanjutkan program yang telah dicapai pada periode pertama maupun program yang sedang dijalankan pada periode sekarang ini. 

Walaupun wacana calon presiden 2024 sebaiknya dibicarakan pada 2023 saja supaya pemerintah dan warga bisa focus untuk membangun negara ini. Tetapi, menarik pula untuk mendengar apa isi hati warga tentang Capres yang bisa dipercayai untuk memimpin Indonesia sebagai penerus Presiden Jokowi. Tayangan berikut ini menarik untuk disimak. 


Sependapatkah anda dengan nara sumber yang berasal dari Bogor, West Java ini?


Comentarios

Entradas populares de este blog

Fakta mengejutkan Candi Borobudur dengan Piramid di Mesir

Ganjar Pranowo makin moncer. Apakah PDI Perjuangan Akan Calonkan Puan Maharani Di Pilpres 2024?

What's something nice I can do for a friend?